UAS E-COMMERCE

 NAMA : DIANA HARI CAHYANI

NIM : 1703102146

KELAS: 8D MANAJEMEN

SOAL!

1.      Jelaskan dampak gojek dan tokopedia setelah merger pada dunia e-commerce?

Jawab : mergernya tokopedia dan gojek membuat bergeliatnya dunia e-commerce semakin berkembang. Ini diharapkan mendongkrak penjualan produk lokal yang dampaknya terasa terhadap pertumbuhan ekonomi. Mereka merger dengan nama GoTo yang menyediakan platform lebih lengkap yang menudahakan kehidupan konsumen setiap hari. Ini bisa menambah transaksi belanja kerana mudahnya akses.

2.      Sebutkan dan jelaskan masalah-masalah apa saja yang terjadi pada e-commerce indonesia?

Jawab :

a.       Masalah pendanaan

Pengembangan e-commerce harus memiliki modal yang cukup agar dapat berkembang. Karena sekarang e-commerce merupakan salah satu penopang perekonomian.

b.      Pajak

e-commerce indonesia baru bekembang tapi sudah kena pajak. Ini bisa menjadi beban untuk pelaku usaha apalagi yang baru merintis. Maka pererintah harus mengatur tentang aturan pajak ini agar tidak membebani para pelaku usaha.

c.       Kecepetan internet

Indonesia termasuk yang lelet ini yang membuat transaksi jual beli agak terganggu. Pemerintah harus meningkatkan kecepatan internet ini karena ini salah satu faktor penting dalam e-commerce

d.      Perlindungan data pribadi

Keamanannya harus terjamin agar tidak mudah diretas oleh orang lain.

3.      Isu-isu hukum yang ada dalam e-commerce apa saja, sebutkan!

Jawab :

a.       Masalah hukum perpajakan

b.      Masalah pembayaran elektronik

c.       Masalah hukum kontrak dan pembuktian

d.      Liabilitas

e.       Hak atas kekayaan intelektual

f.       Perlindungan konsumen

g.      Permasalahan privasi

h.      Hukum perdata internasional

4.      Bagaimana peta jalan e-commerce yang menjadikan isu beberapa bulan ter-akhir?

Jawab : peta e-commerce terbatas pada rencana aksi dengan jangka waktu penyelesaian yang pendek dan isu yang belum diperbarui. Pererintah diharapkan dapat menyeselaikannya dengan bergerak cepat melakukan evaluasi mengenai peta jalan e-commerce, terdapat 8 aspek regulasi yaitu:

1.      Pendanaan berupa kurs

2.      Perpajakan

3.      Perlindungan konsumen

4.      Pendidikan dan SDM

5.      Logistik

6.      Infrastruktur komunikasi

7.      Keamanan siber

5.      Jelaskan pandangan kalian terhadap MLM berbasis e-commerce baik positif dan negatif?

Jawab : menurut pandangan saya, MLM berbasis e-commerce adalah suatu kemajuan yang juga dipakai oleh MLM karena mereka juga butuh untuk mengembangkan diri dan mengikuti trend yang saat ini sedang berkembang. Jika mereka tidak mengikuti pasar saan ini yang lagi tren mereka bisa saja di tinggalkan konsumennya dan memilih yang lain. Analisis pasar dan pengikuti trend sangat dibutuhnkan untuk mengikuti perkembangan zaman. Konsumen jadi mudah untuk membeli produk yang mereka tawarkan. MLM memberikan manfaat bagi mitra usaha dan sektot penjualan langsung turut berkontribusi menjaga kelangsungan usaha produsen dalam negeri. Tapi dalam segi negatifnya bisnis ini mengandalkan relasi itu tidak jarang menwarkan produk yang menyalahi aturan.

6.      Mengapa etika dalam e-commerce itu penting?

Jawab : etika itu penting karena saat bekerja karyawan tidak melakukan hal-hal yang membuat perusahaan terkena masalah. Contohnya: penggunakan internet diluat jam kantor, mengunakan komputer untuk judi online, menggunakan fasilitas kantor untuk menbangun bisnis sendiri, dll. Itu semua harus diatur agar karyawan tidak melanggar.

7.      Dampak sosial apa saja yang terjadi dalam penerapan e-commerce?

Jawab : orang tidak akan berbelanja atau membeli barang lansung ditempatnya sehingga tidak mengetahui penjual dan konsumen lain yang mengakibatkan kurangnya interaksi secara langsung.

8.      Bagaimana menurut kalian penerapan e-commerce yang menjadi trendsetter dimasa pandemi?

Jawab : menurut saya trend e-commerce di masa pandemi seperti saat ini membantu bagi konsumen yang ingin berbelanja tanpa harus keluar rumah. Sebab adanya peraturan tidak membolehkan berkerumun di tempat umum membuat bisnis e-commerce berkembang sangat cepat. Orang tinggal membuka gadget dan memilih barang yang akan mereka beli saat barang yang diinginkan sudah ketemu terjadilah transaksi konsuman membayar, penjual mengemas barang dan mengirimnya. Di rumah, konsumen tinggal menunggu barang dagang. Sangat mudah kan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perusahaan MLM (Multi Lever Marketing) yang telah berkembang di Indonesia sejak 15 tahun lalu hingga sekarang

NAMA DAN PRODUK UTAMA MULTI LEVEL MARKETING (MLM)

PERKEMBANGAN E-RETAIL DI INDONESIA