UAS E-COMMERCE
NAMA : DIANA HARI CAHYANI
NIM
: 1703102146
KELAS:
8D MANAJEMEN
SOAL!
1. Jelaskan
dampak gojek dan tokopedia setelah merger pada dunia e-commerce?
Jawab
: mergernya tokopedia dan gojek membuat bergeliatnya dunia e-commerce semakin
berkembang. Ini diharapkan mendongkrak penjualan produk lokal yang dampaknya
terasa terhadap pertumbuhan ekonomi. Mereka merger dengan nama GoTo yang
menyediakan platform lebih lengkap yang menudahakan kehidupan konsumen setiap
hari. Ini bisa menambah transaksi belanja kerana mudahnya akses.
2. Sebutkan
dan jelaskan masalah-masalah apa saja yang terjadi pada e-commerce indonesia?
Jawab
:
a. Masalah
pendanaan
Pengembangan e-commerce
harus memiliki modal yang cukup agar dapat berkembang. Karena sekarang
e-commerce merupakan salah satu penopang perekonomian.
b. Pajak
e-commerce indonesia
baru bekembang tapi sudah kena pajak. Ini bisa menjadi beban untuk pelaku usaha
apalagi yang baru merintis. Maka pererintah harus mengatur tentang aturan pajak
ini agar tidak membebani para pelaku usaha.
c. Kecepetan
internet
Indonesia termasuk yang
lelet ini yang membuat transaksi jual beli agak terganggu. Pemerintah harus
meningkatkan kecepatan internet ini karena ini salah satu faktor penting dalam
e-commerce
d. Perlindungan
data pribadi
Keamanannya harus
terjamin agar tidak mudah diretas oleh orang lain.
3. Isu-isu
hukum yang ada dalam e-commerce apa saja, sebutkan!
Jawab
:
a. Masalah
hukum perpajakan
b. Masalah
pembayaran elektronik
c. Masalah
hukum kontrak dan pembuktian
d. Liabilitas
e. Hak
atas kekayaan intelektual
f. Perlindungan
konsumen
g. Permasalahan
privasi
h. Hukum
perdata internasional
4. Bagaimana
peta jalan e-commerce yang menjadikan isu beberapa bulan ter-akhir?
Jawab
: peta e-commerce terbatas pada rencana aksi dengan jangka waktu penyelesaian
yang pendek dan isu yang belum diperbarui. Pererintah diharapkan dapat
menyeselaikannya dengan bergerak cepat melakukan evaluasi mengenai peta jalan
e-commerce, terdapat 8 aspek regulasi yaitu:
1. Pendanaan
berupa kurs
2. Perpajakan
3. Perlindungan
konsumen
4. Pendidikan
dan SDM
5. Logistik
6. Infrastruktur
komunikasi
7. Keamanan
siber
5. Jelaskan
pandangan kalian terhadap MLM berbasis e-commerce baik positif dan negatif?
Jawab
: menurut pandangan saya, MLM berbasis e-commerce adalah suatu kemajuan yang
juga dipakai oleh MLM karena mereka juga butuh untuk mengembangkan diri dan
mengikuti trend yang saat ini sedang berkembang. Jika mereka tidak mengikuti
pasar saan ini yang lagi tren mereka bisa saja di tinggalkan konsumennya dan
memilih yang lain. Analisis pasar dan pengikuti trend sangat dibutuhnkan untuk
mengikuti perkembangan zaman. Konsumen jadi mudah untuk membeli produk yang
mereka tawarkan. MLM memberikan manfaat bagi mitra usaha dan sektot penjualan
langsung turut berkontribusi menjaga kelangsungan usaha produsen dalam negeri.
Tapi dalam segi negatifnya bisnis ini mengandalkan relasi itu tidak jarang
menwarkan produk yang menyalahi aturan.
6. Mengapa
etika dalam e-commerce itu penting?
Jawab
: etika itu penting karena saat bekerja karyawan tidak melakukan hal-hal yang
membuat perusahaan terkena masalah. Contohnya: penggunakan internet diluat jam
kantor, mengunakan komputer untuk judi online, menggunakan fasilitas kantor
untuk menbangun bisnis sendiri, dll. Itu semua harus diatur agar karyawan tidak
melanggar.
7. Dampak
sosial apa saja yang terjadi dalam penerapan e-commerce?
Jawab
: orang tidak akan berbelanja atau membeli barang lansung ditempatnya sehingga
tidak mengetahui penjual dan konsumen lain yang mengakibatkan kurangnya
interaksi secara langsung.
8. Bagaimana
menurut kalian penerapan e-commerce yang menjadi trendsetter dimasa pandemi?
Jawab
: menurut saya trend e-commerce di masa pandemi seperti saat ini membantu bagi
konsumen yang ingin berbelanja tanpa harus keluar rumah. Sebab adanya peraturan
tidak membolehkan berkerumun di tempat umum membuat bisnis e-commerce
berkembang sangat cepat. Orang tinggal membuka gadget dan memilih barang yang
akan mereka beli saat barang yang diinginkan sudah ketemu terjadilah transaksi
konsuman membayar, penjual mengemas barang dan mengirimnya. Di rumah, konsumen
tinggal menunggu barang dagang. Sangat mudah kan!
Komentar
Posting Komentar