UTS E-COMMERCE 8D

 NAMA : DIANA HARI CAHYANI

NIM      : 1703102146

KELAS : 8D MANAJEMEN

1.  Sebutkan dan Jelaskan faktor-faktor kunci sukses dalam membangun E-Commerce!

  • Harga yang kompetitif di pasaran. 

Kompetitif harga sangat di perlukan dipasaran konsumen dapat memilih barang sesuai harga yang diinginkan. Lapak satu dengan yang lainnya bisa saja memiliki produk yang sama dengan harga yang berbeda. Hal tersebut harus disesuaikan dengan margin dan operasional lainnya dalam menentukan harga. Bisa jadi ada lapak yang berani menawarkan produk murah karena beranggapan agar cepat laku, sehingga balik modalnya cepat.

  • Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah. 

Konsumen akan senang jika seller dapat merespon dengan cepat, tanggap dan ramah. Adanya tim manajemen berfungsi sebagai admin yang bisa mengatasi setiap pesanan yang masuk dengan cepat dan tanggap serta pelayanannya yang ramah merupakan hal yang sangat diinginkan oleh konsumen.

  • Memberikan infomasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas. 

Informasi sangat diperlukan konsumen karena bisamengetahui barang yang akan dibeli akan seperti apa. Penyediaan informasi barang dan jasa yang akan dijual harus didiskripsikan dengan lengkap dan jelas sesuai dengan barang dan jasa tersebut. Hal tersebut berguna untuk menjalin kepercayaan konsumen, sehingga mereka para pembeli tidak kecewa dan mau membeli di lapak tersebut.

  • Memberikan banyak penawaran.

Penawaran yang beragam membuat konsumen akan tertarik untuk membeli. Penawaran yang dimaksud seperti kupon, bonus, diskon, dll. Hal tersebut merupakan strategi yang digunakan untuk menarik pelanggan.

  • Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.

Usulan akan memperbaiki kualitas toko.Faktor yang banyak menarik pelanggan karena bertujuan untuk pengupayaan pemasaran lebih lanjut, dimana nilai dari akuisisi pelanggan melebihi dari nilai transaksi.

  • Memberikan pelayanan komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lainnya. 

Mendengarkan keluhan pelanggan akan memerikan nilai yang positif. Jika pelanggan merasa ada suatu kekurangan atau hal yang perlu diperbaiki baik dari pelayanan, pengiriman atau bahkan dari produk, maka dengan adanya komunitas bisa untuk berdiskusi. Hal tersebut memudahkan perusahaan dalam memproduksi suatu produk agar kualitasnya jauh lebih baik.

  • Mempermudah kegiatan perdagangan. 

Teknologi yang berkembang pada saat ini sangat pesat sehingga dapat meranarik hari pelanngan dan memudahkannya. Pelanggan tidak susah lagi dalam berbelanja, hanya dirumah saja bisa membeli barang atau jasa yang diinginkan. 

2.  Sebutkan dan jelaskan berbagai jenis bisnis online di internet!

  1. Reseller yaitu usaha bisnis internet dengan cara menjualkan produk orang lain di internet, kemudian dari setiap penjualan yang terjadi kita akan memperoleh komisi dari penjualan tersebut. Bedanya dengan dropshipping adalah dalam reseller kita harus menyetok barang dan memproses pengiriman sendiri barang tersebut ke pelanggan, sedangkan dropshipping tidak perlu menyetok barang dan tidak perlu melakukan proses pengiriman ke pelanggan.
  2. Online Shop yaitu berjualan secara online, barang yang bisa dijual dalam online shop banyak sekali macamnya, seperti baju, tas, sandal atau sepatu, barang elektronik, dsb.
  3. Blogger yaitu jika memiliki bakat menulis, maka bisa disalurkan dalam sebuah tulisan yang kemudian bisa diupload dalam blog.
  4. Penerjemah yaitu dengan cara menawarkan jasa sebagai penerjemah dengan memasang tarif  sesuai dengan banyaknya tugas atau yang lainnya. 

3.  Sebutkan dan jelaskan aplikasi bisnis yang ada dalam E-Commerce?

  1. Lazada Indonesia 

Lazada indonesia  merupakan pusat belanja online yang menyediakan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, kebutuhan pokok sehari-hari, kebutuhan sandang, pangan, dan papan dan masih banyak lainnya.

  1. Blibli.com 

Blibli.com merupakan produk pertama PT. Global Digital Niaga yang merupakana anak perusahaan Djarum di bidang digital.

  1. Tokopedia 

Tokopedia merupakan salah satu mall online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace.

  1. Shopee 

Shopee pertama kali meluncur sebagai marketplace consumer to consumer (C2C). Namun kini mereka telah beralih ke model hibrid C2C dan business to consumer (B2C) semenjak meluncurkan Shopee Mall yang merupakan platform toko daring untuk brand ternama.  


4.  Sebutkan dan jelaskan faktor pendukung E-commerce?

  1. Desain website dan aplikasi sangat penting diperhatikan karena ketika masuk ke website atau aplikasi, desain antarmuka, dan navigasi yang mudah akan membuat pelanggan lebih nyaman saat berbelanja.
  2. Persaingan harga dapat menjadi faktor penentu keputusan orang ketika berbelanja. Situs e-commerce yang sering menawarkan harga lebih murah dengan potongan harga menarik akan membuat seseorang lebih senang berbelanja dan akhirnya merekomendasikan situs tersebut kepada orang lain.
  3. Pilihan produk, banyaknya pilihan produk yang ditawarkan juga menjadi penentu kesuksesan e-commerce.
  4. Pelayanan, pihak e-commerce sebaiknya menyediakan layanan call center yang siap siaga menampung keluhan dan memberikan solusi kepada pelanggan dengan cepat jika terjadi masalah saat proses jual-beli.
  5. Pemasaran kreatif, pemasaran ini dapat dilakukan berbagai macam cara dan sekreatif mungkin agar menarik perhatian hingga akhirnya banyak dibicarakan. 
  6. Kecepatan akses, sebuah situs e-commerce harus memiliki server berkapasitas besar agar website atau aplikasi terhindar dari kondisi 'hang'.

 

5.  Sebutkan dan Jelaskan konsumen E-commerce didasarkan pada perilaku konsumsinya!

  1. Implusive Buying adalah sebuah keputusan tidak terencana atau terjadi secara tiba-tiba dalam membeli sebuah produk atau jasa. Dalam pelaksanaannya, impulsive buying lebih menggunakan emosi dan perasaan dibandingkan logika.
  2. Patient Buying adalah Konsumen yang teliti melakukan komparasi harga dan menganalisa produk yang ditawarkan.
  3. Window Shopping adalah konsumen yang sekedar browsing atau surfing (mejelajah internet) saja.

 

6.  Sebutkan dan Jelaskan positif dan negatif dalam menjalankan E-Commerce?

     Dampak Positif:

  1. Peningkatan pendapatan perusahaan lebih besar dibandingkan usaha konvensional karena tidak membayar sewa toko atau menggaji karyawan. Sedangkan, dari sisi pembeli karena hematnya biaya transportasi untuk berpergian dan hemat tenaga serta waktu.
  2. Komunikasi penjual dan pembeli tidak dipengaruhi oleh faktor geografis. Tidak banyaknya perantara maka pendapatan akan lebih tinggi sehingga tingkat kenyamanan konsumen lebih baik.
  3. Dari segi kemudahan dan fleksibilitas belanja, E-commerce sangat menunjang produktifitas para konsumen. Mereka tak perlu lagi pergi ke tempat belanja konvensional sebab belanja online bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

     Dampak Negatif:

  1. Hilangnya ranah privasi atau pencurian data pribadi karena belum ada peraturan atau perlindungan data konsumen sehingga banyak orang masih ragu belanja online.
  2. Masalah gangguan layanan internet bisa saja terjadi mengakibatkan pelaku usaha kehilangan kesempatan mendapatkan keuntungan lebih banyak.
  3. Kehilangan kepercayaan dari konsumen yang disebabkan karena adanya gangguan teknis, faktor pelayanan, praktik bisnis tidak benar, dan masih banyak penyebab lain.

 

7.  Sebutkan dan Jelaskan jenis-jenis E-Commerce!

  1. Business to Business (B2B) yaitu Melakukan kegiatan transaksi elektronik antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Website jenis ini umumnya digunakan oleh produsen dan grosir atau grosir dan pengecer.
  2. Business to Consumer (B2C) yaitu Melakukan kegiatan transaksi online antara produsen atau perusahaan dengan konsumen akhir. Bisnis ini berhubungan langsung dengan konsumen perorangan atau grup. Contoh: lazada.co.id.
  3. Consumer to Consumer (C2C) yaitu Model bisnis yang melibatkan transaksi antar konsumen yang mana kedua pihak tidak bertemu secara langsung, namun hanya lewat platform online pihak ketiga. Contoh: tokopedia.com dan bukalapak.com.
  4. Consumer to Business (C2B) yaitu Melibatkan transaksi dari konsumen ke perusahaan. Konsumen akan menawarkan produk atau jasa kepada perusahaan yang membutuhkannya. Contoh: Google Adsense.
  5. Business to Administration (B2A) yaitu Transaksi online yang terjadi antara perusahaan dengan administrasi publik yaitu melibatkan layanan pemerintah. Contoh: pajak.go.id dan bpjsketenagakerjaan.go.id.
  6. Consumer to Administration (C2A) yaitu Website e-commerce C2A memiliki model bisnis yang sama dengan B2A. Hanya saja, C2A melibatkan transaksi antara konsumen/individu dengan administrasi publik. Contoh: bpjs- kesehatan.go.id dan pajak.go.id. 
  7. Online to Offline (O2O) yaitu Menghubungkan antara saluran online dengan toko fisik. Contoh: alfacart.com dan mataharimall.com. 

 

8.  Sebutkan dan Jelaskan ragam internet advertising serta berilah contoh!

    Berikut ragam internet internet advertising yaitu:

  1. Display Advertising yaitu jenis iklan yang terdiri dari banyak grafik dibandingkan teks. Biasanya digunakan untuk brand awareness seperti McD dan Shopee.
  2. Rich Media yaitu jenis advertising yang memiliki beragam jenis dalam berbagai format pilihan, antara lain: banner, interstitial advertising, floating advertising, wallpapper advertising, trick banner, video advertising, dll. Contohnya yaitu peel-back, floating, expanding, intertitial, video, dan popup/pop under.
  3. Translation Advertising merupakan jenis iklan yang muncul ketika konten lain sedang loading (antar page), sedangkan Superstisial Advertising adalah semacam mini video advertising yang muncul ketika pergerakan mouse pengunjung dari satu bagian situs ke bagian yang lain.
  4. E-mail Advertising merupakan bentuk advertising dalam format teks. Contohnya yaitu Warby Parker, BuzzFeed, Canva, Birchbox, Dropbox, dll.
  5. Sponsorship merupakan perpaduan antara artikel editorial dengan iklan. Contohnya seperti pembuatan proposal kegiatan sekolah seperti lomba, event, atau yang lainnya.
  6. Mobile Advertising merupakan media iklan dengan media telepon selular. Contohnya seperti SMS, MMS, Banner Ads, Mobile Video Ads, Mobile Games Ads, dan Jingle before Voice Mail.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perusahaan MLM (Multi Lever Marketing) yang telah berkembang di Indonesia sejak 15 tahun lalu hingga sekarang

NAMA DAN PRODUK UTAMA MULTI LEVEL MARKETING (MLM)

PERKEMBANGAN E-RETAIL DI INDONESIA